look is this

look is this

Selasa, 29 Januari 2013

AKTIVITAS BISNIS SIKLUS PENDAPATAN

Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi
terkait yang terus berulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan
menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut.

Aktivitas Bisnis Siklus pendapatan meliputi 4 aktivitas, yang pertama adalah Entri Pesanan Penjualan,
dimana Proses entri pesanan penjualan mencakup tiga tahap, yakni:
Mengambil pesanan dari pelanggan, artinya pada aktivitas ini customer sendiri lah yang akan berkecimpung dalam menanggapi pesanan pelanggan.
- Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan, artinya customer harus teliti untuk memeriksa data-data pelanggan yang masuk dan menyetujui apa yang di inginkan pelanggan
yang sesuai prosedur.
- Memeriksa ketersediaan persediaan, artinya customer harus mengecek barang untuk sebuah penjualan, dan mengatur persediaan yang ada.

yang kedua adalah pengiriman :
Aktivitas dasar kedua dalam siklus pendapatan adalah memenuhi pesanan pelanggan dan mengirimkan barang dagangan yang diinginkan tersebut,
proses ini terdiri dari dua tahap:
Mengambil dan mengepak pesanan,artinya pesanan barang yang sudah di pesan oleh pelanggan harus disiapkan dan selanjutnya akan di packing sesuai dengan pesanan.
Mengirim pesanan tersebut, artinya barang yang sudah di packing akan di kirim ke pelanggan sesuai dengan alamat pelanggan.

yang ketiga adalah Penagihan dan Piutang Usaha:
pada aktivitas ini melibatkan,
- Penagihan ke para pelanggan, artinya dalam hal ini customer berhak menagih uang kepada konsumen yang sudah memesan pesanan dalam jumlah besar.
- Memelihara data piutang usaha, artinya disini dalam urusan berbisnis utang piutang biasanya dilakukan oleh kedua belah pihak, sehingga kedua belah pihak
wajib melaporkan pendataan pemasukan ataupun setoran kepada customer.

yang keempat adalah:
dalam hal ini melibatkan,
- Menangani kiriman uang pelanggan, artinya customer harus benar-benar memastikan keamanan dalam pengiriman uang pelanggan sehingga uang bisa sampai tujuan tanpa
ada halangan apapun.
- Menyimpannya ke bank artinya jika uang sudah di tangan customer, uang terseabut harus di setor ke bank untuk disimpannya.

Tujuan utama siklus pendapatan adalah untuk menyediakan produk yang tepat di tempat dan waktu yang tepat dengan harga yang sesuai.

SUMBER : www.wikipedia,com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar