look is this

look is this

Kamis, 21 Oktober 2010

Analisa SWOT

SWOT adalah singkatan yg diambil dari huruf depan kata Strength, Weakness, Opportunity dan Threat, yg dalam bahasa Indonesia mudahnya diartikan sbg Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman.

Metoda analisa SWOT bisa dianggap sbg metoda analisa yg paling dasar, yg berguna utk melihat suatu topik atau permasalahan dari 4 sisi yg berbeda. Hasil analisa biasanya adalah arahan/rekomendasi utk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari peluang yg ada, sambil mengurangi kekurangan dan menghindari ancaman.

Jika digunakan dgn benar, analisa SWOT akan membantu kita utk melihat sisi-sisi yg terlupakan atau tidak terlihat selama ini.

Berikut ini adalah contoh sederhana analisa SWOT yg dibuat oleh seorang cowok SMA saat ingin mulai aktivitas 'pacaran'.

Kekuatan

- Tampang saya cukup lumayan, otak juga gak bodo-bodo banget (3 besar di kelas)

- Selama ini punya cukup uang utk jajan, nonton, beli alat musik dan beli komik

Kelemahan

- Tidak percaya diri, masih ada minder terutama jika bertemu cewek yg agresif

- Tidak punya kendaraan pribadi

Peluang

- Punya banyak teman yg punya adik cewek cantik

- Di kelas, masih banyak murid cewek yg belum punya pacar

Ancaman

- Cowok dari kelas lain banyak yg ngeceng ke kelas gue

Untuk membantu membedakan apakah suatu hal digolongkan ke dalam kekuatan ataukah peluang bisa dilakukan dgn cara melihat asal dari suatu hal tsb.

Kembali ke contoh di atas, jika si cowok tersebut ingat bahwa dia punya klub band, akan digolongkan kemanakah? Kekuatan atau peluang?

Ketika dia melihat bahwa klub band adalah sesuatu yg berasal dari luar dirinya, maka ia segera menggolongkan keberadaan klub band sbg peluang (yg harus ia manfaatkan tentunya).

Dengan kondisi SWOT seperti di atas, kira-kira apa hasil dari analisa-nya. Apa arahan langkah yg harus diambil oleh si cowok SMA tadi saat memulai kegiatan pacaran?

1. Tabung uang yg ia miliki untuk membeli motor buat modal pacaran

2. Hindari cari pacar di kelasnya, mending cari adik cewek temannya

3. Lebih rajin latihan Band dan cari kesempatan utk manggung sehingga lebih terkenal dan bisa menarik perhatian cewek

4. Rajin gaul supaya berkurang mindernya

ini adalah sebagai contoh kecil.


Hal penting yg harus diingat selama menggunakan analisa SWOT adalah semua yg dituliskan haruslah jujur dan berdasarkan fakta. Bayangkan jika si cowok di atas hanya berandai-andai bahwa ia punya cukup uang jajan, maka arahan utk menabung uang jajan buat beli motor pun jadi tidak berguna.

Berikut ini dijelaskan tambahan hal-hal yg biasanya menjadi:

·        Kekuatan:

    Knowledge atau kepakaran yg dimiliki
    Produk baru atau pelayanan yg unik
    Lokasi tempat perusahaan berada
    Kualitas produk atau proses

 ·        Kelemahan:

    Kurangnya pengetahuan marketing
    Produk yg tidak dapat dibedakan dgn produk kompetitor
    Lokasi perusahaan yg terpencil
    Kualitas produk yg jelek
    Reputasi yg buruk

 ·        Peluang:

    Pasar yg berkembang
    Penggabungan 2-3 perusahaan atau aliansi
    Segmen pasar yg baru
    Pasar internasional
    Pasar yg luang karena kompetitor yg tidak sanggup memenuhi permintaan customer

 ·        Ancaman:

    Kompetitor baru di area yg sama
    Persaingan harga dgn kompetitor
    Kompetitor mengeluarkan produk baru yg inovatif
    Kompetitor memegang pangsa pasar terbesar
    Diperkenalkannya pajak penjualan



Perhatian:

    SWOT analysis bisa sangat-sangat subjective. Bisa saja terjadi 2 orang menganalisa 1 perusahaan yg sama menghasilkan SWOT yg berbeda. Dgn demikian, hasil analisa SWOT hanya boleh digunakan sbg arahan dan bukan pemecahan masalah.
    Pembuat analisa harus sangat-sangat realistis dalam menjabarkan kekuatan dan kelemahan internal. Kelemahan yg disembunyikan atau kekuatan yg tidak terjabarkan akan membuat arahan strategi menjadi tidak bisa digunakan
    Analisa harus didasarkan atas kondisi yg sedang terjadi dan bukan situasi yg seharusnya terjadi
    Hindari ”grey areas”. Utk memudahkan membedakan antara kekuatan dan kelemahan, selalu hubungkan situasi yg dihadapi dgn persaingan yg sedang berjalan. Apakah perusahaan Anda lebih baik dari kompetitor atau tidak?
    Hindari kerumitan yg tidak perlu dan analisa yg berlebihan. Buatlah analisa SWOT sesingkat dan sesederhana mungkin

Analisa Swot sangat berguna untk kemajuan dalam melakukan segala hal baik dalam bidang usaha dan segala macam, karena kita bisa mengetahui apa yang menjadi kekuatan kita sehingga kita bisa memanfaatkan kekuatan tersebut dan kita juga bisa mengetahui apa yang menjadi kelemahan kita sehingga kita bisa menghindari apa yang menjadi kelemahan kita tersebut.
Kita juga bisa mengetahui kapan peluang yang bagus untuk kita bisa berkembang dan lebih maju lagi, karena sesungguhnya keberhasilan tidak hanya karena apa yang kita miliki tapi apa yang menjadi kekurangan kita bisa membantu kita agar kekurangan tersebut tidak tidak lagi terjadi, dan seiap peluang dan kesempatan yang ada kita tidak boleh ragu untuk maju.
Analisa ini berguna untuk kemajuan kita sendiri.


http://www.pasamankab.go.id/index.php/artikel/48-kepemimpinan/138-analisa-swot.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar